Thursday, January 28, 2010

Kategori di bidang sosial adalah kegiatan-kegiatan yang berdampak pada peningkatan kualitas kehidupan sosial, budaya, keagamaan dan kesejahteraan sosial. Bidang ini antara lain mencakup: layanan dan kemudahan pendidikan, gizi dan kesehatan, keagamaan, seni, budaya, olahraga, infrastruktur pendidikan, infrastruktur kesehatan, infrastruktur keagamaan, infrastruktur seni, budaya, olahraga, pemberdayaan perempuan, perlindungan konsumen, perlindungan anak, dan perumahan bagi masyarakat berpendapatan rendah.
Kategori di bidang ekonomi adalah kegiatan-kegiatan yang berdampak pada peningkatan peluang kerja dan peluang usaha, peningkatan pendapatan dan penurunan kemiskinan di masyarakat. Bidang ini antara lain mencakup: pengembangan koperasi, lembaga keuangan mikro, usaha mikro kecil, industri mikro kecil, teknologi kewirausahaan, pasar dan pemasaran, infrastruktur ekonomi, pertanian tanaman pangan, perkebunan, perikanan, peternakan dan ketahanan pangan.
Kategori di bidang lingkungan adalah kegiatan-kegiatan yang berdampak pada peningkatan kenyamanan dan kelestarian lingkungan, yang antara lain mencakup manajemen lingkungan, penanganan limbah, penanganan lahan kritis, reboisasi, reklamasi lahan, infrastruktur air bersih dan pengairan, pengendalian polusi udara, air dan tanah, kebisingan, air dan sanitasi, lingkungan permukiman (drainase, jalan penanganan banjir), serta penghematan energi dan penggunaan energi alternatif. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat berupa kegiatan backward linkage (yang berhubungan langsung dengan core business perusahaan) dan forward linkage (kegiatan yang lepas sama sekali dengan core business perusahaan).

No comments: